7 Juni 2010

Infotainment dan Kuliah Semester II


Setelah sekian lama aku tidak menonton acara infotainment entah bagaimana hal yang kusebut itu sama sekali tidak menarik minatku sekarang. Dulu aku sering sekali menonton program acara infotainment setiap hari ketika aku masih di rumah. Kini, setelah menginjak masa-masa kuliah, di mana tidak ada TV di kosan, serta tidak mempunyai waktu untuk menonton TV, semuanya itu menjadi tidak menarik lagi.

Semuanya ini mungkin juga karena pengaruh dari mata kuliah yang kuambil di semester ini, Pengantar Jurnalisme di mana seorang profesor sekaligus guru besar Ilmu Komunikasi Zulhasril Nazir membimbing untuk mata kuliah ini. Aku baru tahu sekarang ini kalau infotainment (yang adalah adik kandung dari entertainment) tidaklah masuk dalam kancah dunia jurnalistik karena tidak memiliki isi, tidak memiliki kontribusi serta tidak ada manfaat untuk perkembangan jurnalistik di Indonesia. Infotainment sejatinya hanyalah liputan mengenai seseorang yang berkarya dalam dunia entertainment yang suka sekali menelisik tentang kehidupan pribadi, permasalahan seseorang yang tidak penting, sensasional, serta hanya bertumpu pada kepopularitas seseorang yang menjadikannya sebuah skandal.

Sejak mengambil mata kuliah ini aku menjadi semakin tahu bahwa seorang lulusan Ilmu Komunikasi UI sangat disayangkan jika nantinya bekerja dalam bidang infotainment ini. Namun, kembali lagi itu semua adalah masalah pilihan hidup. Untuk saat ini aku masih belum tahu bagaimana pekerjaanku di masa yang akan datang, yang jelas saran dan masukan dari beliau memang patut untuk didengarkan.

Aku masih perlu belajar banyak mengenai program studi S1 yang kupilih ini, dan inilah aku sekarang calon mahasiswi semester III yang masih cukup panik jika indeks prestasi nilai diumumkan di SIAK-NG UI. Aku tahu semester depan akan banyak mata kuliah yang menarik untuk kupelajari, dan aku sangat tidak sabar untuk mempelajari semuanya itu. Yay!! 24 SKS aku datang!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar