20 Desember 2009

HAPPILY EVER AFTER IN EDINBURGH

Kota impianku adalah Edinburgh, Skotlandia. Kota ini menurutku seperti kota dongeng, kastil-kastil kuno yang berdiri megah di puast kota membuatku ingin pergi ke sana. Modernitas kota dengan sederetan pertokoan terlihat kontras dengan nuansa klasik kota tua yang dihadirkan kastil Edinburgh. Inilah yang membuat kota ini menjadi sangat menarik dan memesona.
Cara terbaik untuk menikmati ibukota Skotlandia ini kupikir dengan berjalan kaki. Kontur kota yang kubayangkan naik-turun memang seperti 'menyiksa' pengunjungnya untuk bersusah payah, namun siapa pun yang mencapai daratan yang lebih tinggi, maka akan mendapatkan imbalan sepadan berupa pemandangan kota yang menakjubkan.

Aku belum pernah pergi ke luar negeri. Namun, setiap hari ketika aku bangun pagi, nafasku, impianku, lamunanku, seakan-akan tebang ke kota tua Edinburgh itu. Kubayangkan suatu saat nanti (entah kapan itu) aku berada di jantung kotanya. Pertama kali yang kukunjungi ketika aku boleh sampai di Edinburgh adalah The Mound, landmark kota paling terkenal Edinburgh Castle. Kemudian aku berjalan terus sampai ke Royal Mile yang merupakan jalanan panjang berlapis cobble stone, dan menikmati orisinalitas kota tua yang dipenuhi pub Skotlandia, tempat makan, beragam toko souvenir, dan tentu saja sejumlah landmark kota, mulai dari St. Giles Cathedral, the Scottish Parliament hingga Palace of Holyroodhouse. A legendary walk!

THE HISTORICAL PLACES

Edinburgh Castle
inilah landmark kota yang paling terkenal. Edinburgh Castle terletak di salah satu dataran paling tinggi di kota ini. Salah satu sudut lain yang menarik minatku adalah St. Margaret's Chapel yang merupakan bangunan tertua di Edinburgh, yang dibangun Raja David I pada abad ke-12 sebagai penghormatan kepada Ibunya. Uniknya, sampai sekarang chapel ini masihkerap digunakan untuk acara keagamaan sampai pernikahan.

Menulis tentang Edinburgh ini membuatku mulas tiba-tiba. Aku merasa seakan-akan sudah berada di sana. AKu suka tempat-tempat historical macam Edinburgh ini, karena historical keagamaannya sangat kuat. Entahlah, berapa lama lagi aku bisa melancong ke Skotlandia. Yang jelas impianku itu tidak akan pernah putus...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar